10 Mitos Tentang Perawatan Rambut



10 Mitos Tentang Perawatan Rambut [ www.BlogApaAja.com ]

Katanya kalau menyisir rambut 100 kali setiap malam, maka rambut akanlebih cepat panjang. Percaya nggak sih?

Sayangnya itu cuma mitos. Sekalipun Anda menyisir 1001 kali setiapmalam, yang ada lama-lama rambut Anda akan mengeluh dan rontok.

Ladies, tak semua hal yang Anda dengar itu selalu benar. Terkadang kitajuga harus menggunakan logika, bertanya sana-sini dan membaca setiap infodengan cermat agar tak salah . Bagaimana dengan mitos yang sering kita dengar,benar atau tidak ya? Kami akan membantu menjawabnya.

Mitos 1: Makin sering trimming, rambut makin cepat tumbuh



FAKTANYA adalah rambut tumbuh kurang lebih 5 cm setiap bulannya, baikditrimming maupun tidak. Trimming rutin mungkin akan lebih banyak membantusuplai nutrisi diterima dengan baik ke seluruh batang rambut, dan bagian ujungrambut yang kering dan rusak tidak akan menghambat penyaluran nutrisinya.

Kelebihannya, trimming rambut memang akan membuat rambut jadi lebihcantik dan rapi.

Mitos 2: Stress dapat menyebabkan kerontokan rambut



Mitos yang satu ini benar adanya. Stress memang dapat menambah jumlahkerontokan rambut setiap harinya. Namun jangan khawatir karena dengan perawatanyang tepat rambut Anda akan kembali subur.

Mitos 3: Berganti-ganti shampoo bikin rambut lebih sehat



Salah. Apabila Anda sudah menemukan shampoo yang tepat untuk rambut,maka biarkan shampoo tersebut memberikan perawatan secara maksimal. Perubahanpada rambut memang mungkin terjadi, namun semua itu disebabkan terutama karenakondisi lingkungan dan kesalahan dalam perawatan.

Mitos 4: Mencabut uban akan memancing uban lain tumbuh di tempat yangsama



Mitos ini juga salah, karena mencabut uban tidak akan memancingpertumbuhan uban lain. Yang terjadi justru ada kemungkinan infeksi dan bekasyang tertinggal karena terkadang mencabut uban meninggalkan luka.

Mitos 5: Rambut lurus itu bawaan lahir



Benar, tetapi seiring pertumbuhan seseorang, tekstur rambut bisa berubahlho. Beberapa hal seperti kehamilan, pengobatan, kemoterapi, usia dapatmengubah tekstur rambut seseorang dalam waktu yang terbilang cukup singkat.

Mitos 6: Agar rambut bersih, memakai shampoo itu harus dua kali



Dalam kondisi tertentu memang benar, misalnya rambut habis diaplikasikanhairspray atau hairbrush. Namun, dalam kondisi sehari-hari lebih baik memakaishampoo itu cukup sekali saja, pijat bagian rambut secara merata, maka rambutakan lebih bersih. Pemakaian shampoo berlebihan akan menyebabkan rambut menjadikering.

Mitos 7: Membilas dengan air dingin akan membuat rambut berkilau



Sebenarnya tak ada hubungannya antara air dingin dengan rambut berkilau.Membilas rambut setelah keramas dengan air dingin mungkin akan membuat rambutlebih segar dan tidak kering. Sekaligus membuat Anda jadi "melek" danmenghilangkan kantuknya.

Mitos 8: Mewarnai rambut menyebabkan rambut rusak



Salah! Produk-produk berkualitas yang saat ini beredar di pasar jugatelah melalui hasil test yang hasilnya bisa dipercaya. Dan mereka jugamenambahkan beberapa bahan yang dapat membantu merawat rambut sehingga tidakrusak.

Pastikan saja Anda berkonsultasi dengan hair stylist Anda, dan janganmemilih produk pewarna rambut sembarangan ya. Pilih saja yang berkualitas dansudah punya nama.

Mitos 9: Rambut bercabang bisa disembuhkan



Hmm... Jimmy Paul, seorang stylist rambut selebriti, seperti dikutipdari GoodHouseKeeping mengatakan bahwa rambut bercabang tidak bisa disembuhkan.Satu-satunya cara menanganinya adalah dengan memotongnya. Memakai produkperawatan hanya akan membantu mencegah munculnya rambut bercabang yang lain.

Mitos 10: Merokok dapat menyebabkan uban



Benar! Menurut J.G Mosley, seperti dikutip dari hairboutique, merokokdapat meningkatkan potensi pertumbuhan uban ketimbang yang bukan perokok.Bahkan pada beberapa kasus, rambut jadi lebih mudah rontok karena merokok.


Follow On Twitter