10 Fakta Unik Seputar Sampanye



10 Fakta Unik Seputar Sampanye [ www.BlogApaAja.com ]

SELAIN wine, sampanye juga punya penggemarnya sendiri. Lantas, sudahkahAnda mengenal jenis minuman ini dengan baik, sebelum menjadi salah satupenyukanya?



Berikut beberapa fakta unik soal sampanye yang wajib Andaketahui, seperti dikutip Timesofindia:

Fakta pertama

, sampanyesebenarnya salah satu jenis wine, yang biasanya berasal dari campuran buahanggur. Satu-satunya perbedaan antara wine dengan sampanye adalah daerahasalnya.

Fakta kedua

, buih padasampanye merupakan karakteristiknya yang selalu menjadi misteri. Buih initerbentuk akibat proses fermentasi bahan gula dan ragi. Kedua bahan inibereaksi membentuk karbondioksida sehingga menghasilkan jutaan buih yangterlihat karena berada dalam ruang sangat kecil.

Bayangkan saja, sebotol sampanye pada suhu ruangan bisa berisi sekira 49juta buih. Semakin kecil buih, maka kualitasnya semakin bagus.

Fakta ketiga

, sparklingwine dan sampanye umumnya terdapat kategori masing-masing. Semuanyatergantung pada kadar gula di dalamnya.

Fakta keempat

, negara-negara,seperti Italia, Selandia Baru, dan Australia memberikan kepercayaan kepadaPrancis untuk menghasilkan kualitas sampanye terbaik.

Fakta kelima

, Marlyn Monroepernah mengisi bak mandinya dengan sampanye dari sekira 350 botol.

Fakta keenam

, Pol Roger,pemilik Champagne House, membuat satu edisi sampanye khusus berisi satuliter botol sampanye untuk Mantan Presiden Amerika Serikat Winston Churchill.

Fakta ketujuh

, sampanye bisabermanfaat untuk menenangkan saraf, yakni bila dicampur dengan kopi sepertiyang dilakukan Frederick Agung dari Prusia.

Fakta kedelapan

, jika Andabertanya-tanya mengapa semua botol sampanye mengeluarkan seperti bunyi "pop"ketika dibuka, jawabannya adalah terletak pada tekanannya. Tekanan pada botolsampanye mencapai 90 pon per inci persegi, yaitu sekira tiga kali tekanan banmobil.

Fakta kesembilan

, sampanyetermahal di dunia seharga USD275 ribu per botol. Ini bukan karena kualitasnyayang luar biasa, tetapi terdapat kisah di baliknya. Sampanye bernama"Shipwrecked 1907 Heidsieck" tersebut botol sampanye berusia 100 tahun darikebun anggur Heidsieck yang telah ada lebih dari 80 tahun. Bahkan, parapenyelam telah menemukan 200 botol sampanye merek ini di lepas pantaiFinlandia, dan telah dijual kepada Ritz-Carlton Hotel di Moskow.

Fakta kesepuluh

, sampanyevintage berarti anggur yang digunakan berasal dari tahun yang sama. Sebagaicontoh, vintage 2012 hanya menggunakan buah anggur di tahun 2012.


Follow On Twitter