Tips Menyusun Rencana Pernikahan





Tips menyusun rencana pernikahan di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi atau pertimbangan dalam menyusun rencana pernikahan Anda. Seperti kita ketahui, pernikahan merupakan bagian sacral dalam kehidupan setiap insane di muka bumi ini. Semua berharap agar momen pernikahan hanya akan diselenggarakan dalam sebuah acara yang mengesankan dan akan terus melekat dalam memori pasangan suami istri tersebut. Suatu acara yang bisa memberikan kebahagiaan tidak hanya kepada kedua mempelai tetapi juga kepada seluruh keluarga besar kedua calon mempelai tersebut. Oleh karena itu, untuk membuat sebuah acara pernikahan yang mengesankan perlu adanya perencanaan yang matang yang harus dipikirkan dan disusun jauh jauh hari sebelum hari inti pelaksanaan pernikahan tersebut.

Berikut beberapa tips menyusun rencana pernikahan yang dapat Anda pertimbangkan:

Menentukan Tanggal Pernikahan

Hal pertama dalam tips menyusun rencana pernikahan adalah penentuan tanggal pelaksanaan pernikahan nantinya. Untuk itu perlu adanya pertemuan dari kedua pihak keluarga untuk merundingkan tanggal pelaksanaan dimana pada tanggal tersebut semua keluarga besar bisa berkumpul untuk bersama sama melihat dan merasakan sekaligus mendoakan kedua mempelai.

Memilih Tempat Pernikahan

Setelah tanggal pelaksanaan telah ditetapkan, langkah penting kedua adalah menyiapkan tempat pernikahannya. Tidak akan menjadi persoalan jika anda melaksanakan pernikahan tersebut di rumah salah satu dari kedua mempelai. Jika memang tidak memungkinkan untuk mengadakan rangkaian acara pernikahan di rumah pribadi, tentu saja anda harus mencari alternatif tempat semisal dengan menyewa gedung. Untuk itu sesegera mungkin untuk memesan tempat/ gedung setelah tanggal pernikahan ditentukan. Kami menyarankan bahwa anda sebaiknya memesan tempat/ gedung tersebut tiga bulan sebelum acara pernikahan itu digelar. Hal ini mengantisipasi jika saja gedung tersebut akan terpakai pada hari saat anda menggelar pesta.

Mempersiapkan Detail Penunjang Lainnya

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan hal-hal detail sebagai penunjang acara pernikahan tersebut seperti gaun pengantin, sajian makanan dalam resepsi, kartu undangan, souvenir, cincin pernikahan, mas kawin dan berbagai urusan administrasi pada pihak terkait seperti kantor urusan agama (KUA).

Pastikan Anda Sehat

Kemudian di sela-sela menunggu serangakain persiapan acara pada titik akhir, sudah seharusnya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda pra-nikah. Hal ini adalah sebuah keharusan karena ini terkait dengan kesehatan calon mempelai berdua. Ini semata mata untuk berjaga-jaga kalau saja ada penyakit berbahaya yang dikhawatirkan penyakit menular yang bisa membahayakan kedua calon mempelai.

Lakukan Pengecekan Ulang

Selanjutnya, seminggu menjelang acara pernikahan tersebut, anda, langkah yang harus dilakukan adalah mengecek semua keperluan yang mendukung kelangsungan acara inti. Selain itu kami menyarankan untuk memperbanyak istirahat untuk mempersiapkan acara puncak yang mungkin akan menguras tenaga dan pikiran
Itulah tips menyusun rencana pernikahan dari kami, semoga acara yang sudah direncanakan berjalan lancer dan menjadi kenangan terindah dalam hidup anda.

Follow On Twitter